Kamis, 17 November 2016

Fenomena Supermoon

Apa itu Supermoon?
 
Supermoon di Jakarta

   Supermoon sebenarnya tidak dikenal dalam dunia astronomi, para ahli menyebutnya sebagai fenomena bulan purnama perigee, istilah supermoon muncul dimasa modern sekarang ini.

   Peramal Richard Noelle mengatakan: aku menciptakan nama supermoon dalam 1979 artikel yang saya tulis untuk majalah Horoskop. Hal ini menggambarkan “bulan baru atau penuh yang terjadi saat bulan begitu dekat atau ketika bulan berada pada jarak terdekatnya dengan bumi pada orbitnya.”

   Nama Supermoon tidak begitu mendapatkan banyak reaksi hingga tahun 2011. Namun, sejak saat itu di mana-mana itu menjadi populer dikalangan masyarakat yang penuh semangat menanti kedatangan Supermoon berikutnya.

 Fenomena Supermoon di Indonesia
 
   Supermoon 2016, kita mendapatkan semua tiga bulan purnama besar yaitu: pada tanggal 16 Oktober, yang kedua pada hari Senin malam 14 November dan ketiga pada 16 Desember.

   Apa yang membuat supermoon 14 November sangat istimewa? sebab pada hari senin malam itu adalah supermoon terdekat sejak 26 Januari 1948. terjadi sekitar dua jam sebelum perigee, bulan purnama terbesar akibat adanya pendekatan bulan berjarak sekitar 356,509 kilometer dari Bumi.
   Jika anda berburu supermoon hingga ke pantai-pantai anda harus cukup berhati hati karena fenomena supermoon di Indonesia atau purnama terbesar dalam sejarah juga dapat meningkatkan pasang air laut menjadi lebih tinggi dari biasanya, apalagi bila terdapat badai dilepas pantai tersebut.
 

   maaf yaa telat ngepost tentang Supermoonnya, tapi jangan khawatir nanti 16 Desember juga bakalan ada lagi kok ,. selamat membaca ...


sumber : http://omediapc.com/supermoon-2016-di-indonesia-fenomena-alam-langka-dalam-astronomi/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar