Kamis, 12 Januari 2017

Perbedaan Iklim Tropis dan Subtropis

1. Iklim Tropis
 
   Daerah tropis merupakan wilayah Bumi sekitar garis Khatulistiwa. Hal ini dibatasi pada belahan bumi utara pada 23 ° 26 16 (atau 23,4378 °) dan belahan bumi selatan pada 23 ° 2616(atau 23,4378 °).  Daerah tropis juga disebut sebagai zona tropis dan zona panas terik. Daerah tropis mencakup semua bidang di bumi di mana Matahari mencapai titik subsolar.
Dalam zona wilayah iklim tropis terdapat beberapa varietas yang berbeda berdasarkan curah hujan:
  • Iklim hutan hujan tropis
   Hutan hujan tropis juga dikenal sebagai khatulistiwa, karena hutan hujan tropis berada di dekat garis khatulistiwa. Brazil memiliki hutan hujan tropis terbesar (The Amazon) dan lainnya di Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, dan Afrika BaratSuhu rata-rata antara 70-85F (21-29.5C).  Daerah tropis mencakup 6-7% dari permukaan bumi.


   Memiliki rata-rata 400 inci per tahun, hutan hujan adalah tempat yang sempurna dan cocok untuk pohon dan tanaman untuk tumbuh, seperti  Kakao, Kopi, dan Liansa, Bambu, Pisang, Tebu, Karet, Ginger, dan Black Pepper.  Selain itu, Banyak jenis burung (seperti Blue Bird of Paradise) dan serangga (seperti Flying Dragon), Ular, Puma, Cougar, Orangutan, Simpanse, dan Gorilla hidup di hutan hujan tropis.
  • Iklim Basah atau Kering
   Iklim tropis Basah atau Kering ditemukan di dekat garis khatulistiwa, biasanya pada tepi luar dari daerah iklim tropis basah. Wilayah terbesar ditemukan di Afrika, Brazil, dan IndiaTerdiri dari musim, yaitu musim hujan (musim panas) dan musim kemarau (musim dingin).  Iklim ini disebabkan oleh perubahan angin dan arus laut.

   Selama musim hujan, suhu rata-rata sekitar 77 derajat. Selama musim kemarau, suhu rata-rata sekitar 68 derajat. Suhu tetap tinggi sepanjang tahun karena garis lintang di mana iklim ini terjadi. Daerah dekat khatulistiwa menerima sinar matahari langsung secara tetap dan sehingga sangat panas.

   Vegetasi yang paling umum adalah jenis rumput dan semak-semak dengan beberapa pohon yang tersebar. Beberapa jenis tanaman ada yang telah beradaptasi dengan jangka waktu cuaca kering dan padang rumput luas yang sering disebut dengan savana.  Hewan yang biasa kita temukan di musim iklim basah atau kering adalah Wildebeests, rusa, zebra, gajah, jerapah, dll Banyak karnivora (pemakan daging) mengikuti dan berburu herbivora. Singa, cheetah, hyena, dan burung luas yang selalu berburu di padang rumput savana Afrika.
  • Iklim monsoon tropis
   Iklim monsoon tropis atau musim angin tropis mengalami curah hujan yang melimpah seperti itu iklim hutan hujan tropis, tetapi terkonsentrasi di musim yang sangat tinggi.  Terletak di dekat garis khatulistiwa, iklim muson tropis mengalami suhu hangat sepanjang tahunIklim musim angin di luar daerah khatulistiwa antara 10◦ dan 25 dan Utara dan Selatan khatulistiwa.

   Sirkulasi monsun Asia menunjukkan aliran darat dari udara (udara yang bergerak dari laut menuju darat) selama musim panas dengan sinar matarahari yang sangat tinggi , dan aliran udara lepas pantai (udara bergerak dari darat menuju air) selama musim dingin dengan sinar matahari yang rendah.

2. Iklim Subtropis


   Iklim subtropis adalah zona iklim subtropis yang ditandai dengan musim panas yang lembab dan musim dingin yang pada umumnya sangat ringan, dengan suhu rata-rata 10 C (50 F) yang hangat dan panas.  Dan sebagian besar setiap tahunnya dengan musim dingin yang ringan.

   Iklim subtropis Jenis iklim ini ditemukan di sisi timur benua antara 20 ° dan 35 ° utara dan Selatan garis lintang. Di sebelah tenggara Amerika Serikat adalah contoh yang baik dari iklim ini. Florida memiliki iklim subtropis lembab.  Suhu biasanya tetap tinggi (di atas 70) sepanjang tahun, api dingin selama beberapa bulan.  usim panas berlangsung lebih lama, karena daerah lembab pada iklim Subtropis agak dekat dengan garis khatulistiwa.
 
   Vegetasi alami yang ditemukan di daerah pada iklim Subtropis lembab terutama pohon cemara, semak-semak, dan semak belukar.  Tanaman ini telah disesuaikan dengan kondisi iklim biasa. Banyak pepohonan berdaun lebar seperti pohon palem dan pakis yang ditemukan di sini. Banyak tanaman bisa dibudidayakan di sini sejak musim tanam selama 8 bulan.

   Pada iklim Subtropis yang lembab mendukung hidupnya berbagai jenis mamalia, reptil, dan amfibi. Buaya, rusa, dan macan kumbang dapat ditemukan di Amerika Serikat. Daerah subtropis Brasil memiliki capybara, yang merupakan dunia hewan pengerat terbesar.

Perbedaan Antara Iklim Tropis Dan Subtropis

Dari penjelasa di atas, terdapat beberapa perbedaan iklim tropis dan subtropis seperti berikut :
Iklim tropis
  • Terdapat di garis khatulistiwa, antara belahan bumi utara pada 23 ° 26 16 (atau 23,4378 °) dan belahan bumi selatan pada 23 ° 2616(atau 23,4378 °).
  • Terdiri beberapa zona wilayah yaitu iklim hujan tropis, iklim monsoon tropis, dan iklim basah atau kering
  • Memiliki lebih banyak habitat baik itu hewan dan tumbuh-tumbuhan.
  • Suhu rata-rata antara 70-85F (21-29.5C).
  • Memiliki tekanan rendah yang hangat
  • Cuaca yang sangat panas
  • Terdapat di daerah Afrika, Brazil, dan India.
  • Terdapat pada garis khatulistiwa
  • Memiliki musim hujan dan kemarau
Iklim Subtropis
  • Berasa di sisi timur benua antara 20 ° dan 35 ° utara dan Selatan garis lintang.
  • Memiliki tekanan tinggi dan sedikit atau tidak ada kelembaban atau air seperti di gurun savannah
  • suhu rata-rata 10 C (50 F)
  • Terdapat sedikit tumbuhan, sebagian banyak tumbuhan yang tumbuh adalah rerumputan
  • Terdapat di daerah Afrika yang terkenal dengan gurun savannah
  • Terdapat di garis lintang
  • Bersifat kering sepanjang tahun
 Sumber : http://blogging.co.id/perbedaan-iklim-tropis-dan-subtropis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar