Kamis, 12 Januari 2017

Benarkah Air Dapat Memotong Baja?

   Air, kalau tidak untuk mencuci pasti untuk dikonsumsi. Benda yang pasti kita gunakan sehari-hari ini memang sangat berguna untuk banyak hal, terutama yang menyangkut kebersihan.
 
Omax Abrasive Waterjet
   Tetapi bagaimana jika air yang sifatnya begitu lembut bisa memotong benda-benda keras seperti kayu, plastik, kaca, hingga baja? Hal inilah yang terjadi jika air disemburkan dengan sangat kuat oleh mesin jet ini.
Adalah Omax Abrasive Waterjet, sebuah mesin pemotong dengan kekuatan jet sebesar 60.000 psi. Coba kamu bayangkan, ban mobil yang begitu keras saja hanya 35 psi.
 
   Tapi tahukah kamu bahwa Omax Waterjet bisa mencapai tekanan di atas 100.000 psi? Meski demikian, untuk beberapa alasan teknis, angka 60.000 psi saja sudah bisa memotong benda-benda keras.
Melalui mesin ini, air akan dialirkan dengan sangat kuat dan keluar melalui lubang yang kecil. Jika diamati, sekilas kamu akan teringat dengan mesin pemotong yang menggunakan laser, tetapi waterjet ini menggunakan air sebagai objek pemotongnya.

   Memotong baja tebal hingga menghasilkan bentuk yang menarik? Kenapa tidak?
Waterjet ini dikendalikan dengan software komputer, sehingga operator bisa memilih hasil bentuk potongan dan tekanan air yang dibutuhkan.
 
   Jika kamu perhatikan, di bagian bawah dimana objek dipotong ada air. Ternyata air ini berfungsi untuk meredam semburan kuat dari jet, sebab jika diredam dengan benda pada maka ia juga akan ikut terpotong.
Jangan berpikir mesin ini bisa kamu miliki dengan mudahnya, harganya saja mencapai ratusan juta dan hanya ditujukan untuk kepentingan industri.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar